Cara Membuat Es Krim Sederhana

Cara membuat es krim sederhana sendiri di rumah 

Cara membuat es krim sederhana

Cara membuat es krim sederhana - es krim memang cemilan yang ngangenin. Dingin dan lembut di mulut saat digigit. Hmmm ... bisa ngiler kalau ngeliat setumpuk es krim di etalase. Pengen juga nih tahu gimana sih caranya buat es krim yang enak gitu? beneran pengen? Yuk kita simak cara membuat es krim sederhana yang bisa dipraktekin sendiri di rumah. Yuk mari .... 

Resep es krim sederhana


Bahan-bahan yang diperlukan :
  • 2 kaleng susu cair;
  • 1 butir telur diambil putihnya;
  • 1 sendok makan gula pasir;
  • 1 sendok makan tepung maizena;
  • 1/2 sendok teh vanili;
Begini cara membuat es krim sederhana nya :
  1. Campurkan gula, telur dan vanili lalu kocok hingga putih, sisihkan;
  2. Panaskan susu, aduk terus selama hingga tercampur rata;
  3. cairkan tepung maizena dengan menambahkan air secukupnya, masukkan ke dalam campuran susu dan air yang sudah dipanaskan;
  4. Setelah sedikit mengental, angkat adonan lalu masukkan campuran gula, telur dan vanili yang sudah dikocok tadi lalu aduk lagi hingga rata;
  5. Biarkan adonan diatas api dengan terus diaduk hingga adonan mendidih baru angkat;
  6. Dinginkan adonan dengan terus mengaduk;
  7. Setelah dingin, masukkan adonan kedalam freezer selama lebih kurang 1-2 jam hingga agak beku;
  8. Keluarkan adonan, aduk-aduk selama 1-2 menit jika menggunakan mixer atau jika diaduk secara manual selama 3-4 menit lalu masukkan kembali ke dalam freezer;
  9. Ulangi langkah ke 8 sebanyak 3-4 kali untuk mendapatkan tekstur es krim yang lembut dan mudah disendok.
Gimana? mudah bukan buat es krim sendiri ? resep cara membuat ice cream diatas hanya resep dasar. Klo mau nambahin rasa lain bisa dikasih coklat pasta, saus stroberry atau krim untuk topingnya. Semoga cara membuat es krim sederhana ini bermanfaat ya. Selamat mencoba!

Coba juga resep ice cream lainnya :


Cara Membuat Ice Cream Goreng

Cara membuat ice cream goreng ala resto 

Ice cream goreng ala resto
Cara membuat ice cream goreng - kuliner yang satu ini memang membuat penasaran. Pasalnya menu ice cream yang dingin dipadukan dengan roti goreng renyah nan lembut. Hmmm ... gimana ya rasanya? dan yang lebih membuat penasaran, gimana ya cara membuatnya? Jika Anda sudah pernah mencicipi ice cream goreng di salah satu gerai yang menjual kuliner ini dan ingin mencoba membuat sendiri di rumah, berikut resep cara membuat ice cream goreng ala resto yang bisa dicoba sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Resep Cara Membuat Ice cream Goreng


Siapkan bahan-bahan ice cream goreng sebagai berikut :
  1. Es krim rasa strawberry, cokelat atau vanilla (sesuai selera);
  2. 50 gr tepung roti;
  3. 50 gr tepung terigu;
  4. 1 (satu lembar) roti tawar;
  5. 1 btr telur ayam dikocok;
  6. minyak goreng seperlunya;
  7. saos strawberry sebegai toping;

Cara membuat  ice cream goreng ala resto :


  1. Pertama-tama, siapkan roti tawar dengan ice cream strowberry, coklat atau vanilla sesuai kesukaan Anda. Tapi agar lebih menarik, biasanya satu ice cream goreng berisi dua rasa ice cream, misal coklat - vanila atau coklat strowberry;
  2. Bentuk roti tawar yang sudah diisi ice cream tadi menjadi berbentuk bola, lalu gulingkan bulatan roti tawar dan ice cream diatas tepung terigu;
  3. Angkat lalu celupkan ke dalam kocokan telur lalu angkat lagi dan gulingkan diatas tepung panir hingga rata;
  4. Goreng bulatan tadi di dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan (biasanya tidak terlalu lama sekitar 1-2 menit);
  5. Setelah kuning kecoklatan, letakkan di atas piring saji, belah bulatan bola ice cream goreng menjadi dua bagian, beri toping saus strowberry sebagai pelengkap.
  6. Hmmm ... ice cream goreng pun siap disajikan ditemani jus atau soft drink.
Oke, selamat mencoba cara membuat ice cream goreng nya di rumah ya. Oya, kalau Anda mau tahu cara membuat ice cream sendiri yang bisa anda coba di rumah, silahkan lihat artikel blog resep-masakan123 sebelumnya : Cara membuat ice cream

Selamat mencoba, dan mohon bantuannya share ya ... biar banyak yang bisa buat ice cream sendiri hihi :). Makasih

Resep Cara Membuat Ice Cream

Cara membuat ice cream sendiri di rumah 

Resep membuat ice crem

Cara Membuat Ice Cream - Siapa sih yang nggak suka makan ice cream ? apalagi anak-anak, mereka sangat suka makan ice cream. Tapi kalau harus beli terus pas  lagi pengen makan ice cream, bisa-bisa uang belanja bulanan dari suami nggak cukup nih ! ... Nah, jika Anda atau anak Anda suka banget makan ice cream, mendingan buat sendiri kan? selain bisa lebih hemat, bahan-bahan yang digunakan juga benar-benar sehat karena kita sendiri yang memilihnya. Okey, berikut resep dasar cara membuat ice cream yang bisa dipraktekkan di rumah. Untuk penambahan rasa dan topingnya bisa sesuai selera ya ...

Resep Membuat Ice Cream


Untuk resep dasar ice cream, siapkan bahan bahan berikut ini :

  • 2 Kaleng Susu kental manis putih;
  • 4 Kaleng Susu Cair;
  • 2 butir Putih Telur;
  • 1 Sendok Teh Vanili;
  • 2 Sendok Makan Tepung maizena;
  • 2 Sendok Makan Gula Pasir;

Cara membuat Ice Cream Sendiri


  1. Kocok gula bersama telur dan vanili sampai berwarna putih, bisa menggunakan mixer atau kocokan telur secara manual;
  2. Kemudian panaskan susu dan air sambil diaduk hingga tercampur rata;
  3. Lalu cairkan tepung maizena, tuangkan sedikit demi sedikit ke adonan susu sambil terus diaduk hingga tercampur rata;
  4. Sambil tetap diaduk, angkat adonan tadi dari atas api. Masukkan campuran gula, telur, dan vanili yang sudah dikocok halus tadi;
  5. Selanjutnya rebus sambil terus diaduk hingga mendidih adonan mendidih;
  6. Angkat dari api sambil terus di aduk hingga agak dingin agar susu tidak menggumpal;
  7. Setelah adonan dingin, masukkan ke dalam freezer;
  8. Diamkan adonan di dalam freezer selama 1-2 jam hingga mulai membeku tapi jangan sampai terlalu keras;
  9. Setelah 1-2 jam pertama, keluarkan dari freezer lalu aduk menggunakan mixer untuk mendapatkan teksture ice cream yang lembut ( lakukan selama 2-3 menit);
  10. Ulangi langkah ini 3-4 kali sampai mendapat teksture ice cream yang lembut dan mudah disendok.

Untuk bahan campuran bisa ditambahkan tape, cokelat, buah-buahan, kacang, kismis dan lain-lain sesuai kesukaan masing-masing. Jika menggunakan bahan tambahan tape, maka tape harus dihaluskan dulu hingga benar-benar lembut baru ditambahkan ke dalam adonan ketika proses mengaduk menggunakan mixer.

Jika menggunakan coklat, maka coklat batangan dilelehkan dulu kemudian campurkan ke dalam adonan pada saat proses mixer. Untuk bahan tambahan buah seperti anggur, pisang atau kismis bisa dipotong kecil-kecil agar lebih terasa.


Video cara membuat ice cream sendiri 



Agar lebih jelas tentang bagaimana cara membuat ice cream , berikut video cara membuat ice cream sederhana yang bisa dicoba. Mungkin bahan dasar untuk membuat ice creamnya berbeda karena video ini saya ambil dari youtube, tapi yang terpenting tehnik cara membuatnya tetap sama. Silahkan disimak ..


video


video

Oke, selamat mencoba resep cara membuat ice cream nya. semoga sukses !! , jangan lupa kirim hasilnya ya hehe. Oya , kalau nggak keberatan mohon bantuannya share artikel ini ya biar banyak yang baca, makasih.

Coba juga resep ice cream lainnya !
Cara membuat ice cream goreng